Kamis, 29 Desember 2011

ALAT PEREDARAN DARAH MANUSIA




1. DARAH
Cairan yang didalamnya terdapat milyaran sel-sel darah merah (eritsosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Volume darah sesorang yang sehat adalah 1/12 dari berat tubuhnya.

2.PENGGOLONGAN DARAH
Golongan darah dibagi A,B,AB, dan O. Golongan darah O disebut darah Universal karena dapat mendonorkan darah ke semua golongan darah lain. Golongan darah AB disebut resipien karena dapat menerima dari semua golongan. Donor darah adalah orang yg memberi darah, sedangkan resipien adalah orang yg menerima darah

3.PEMBULUH DARAH
Pembuluh darah adalah saluran yang dilalui darah. Pembuluh darah ada tiga, yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.

a. Pembuluh Nadi (Arteri)
Darah yang keluar dari jantung akan melalui pembuluh nadi. Darah yang keluar dari jantung tersebut banyak mengandung oksigen.

b. Pembuluh Balik (Vena)
Pembuluh balik merupakan pembuluh yang membawa atau mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

c. Pembuluh Kapiler
Pembuluh darah yang sangat halus dengan diniding yang sangat tipis dan berpori. Pembuluh ini merupakan bagian dari unjung dari pembuluh arteri dan vena. Pembuluh halus berfungsi sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.

4. JANTUNG
Jantung terletak di bagian rongga dada. Ukuran jantung sangat kecil. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira besara satu kepal orang dewasa. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi (kanan kiri) dan bilik (kanan kiri) . Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki otot yang tebal dan kuat. Otot tebal berkaitan dengan fungsinya untuk mempompa darah ke seluruh tubuh.

Sumber : Senang Belajar IPA 5

0 Comments:

Post a Comment