Sabtu, 12 November 2011

Tips Membuat Novel Menarik

* YANG ADA BUTUHKAN
1. Pagi hari/ Sore hari/ Malam hari
2. Secangkir kopi/ teh
3. Kertas, pensil, penghapus/ laptop
4. DVD MENARIK/BUKU INSPIRASI
5. Duduk dengan tenang


Pertama-tama tentukan tema apa yang anda akan angkat dalam cerita tersebut. usahakan anda pikirkan imajinasi yang paling dalam. menurut saya membuat novel lebih bagus apabila anda mempunyai khayalan yang sangat tinggi. contohnya saja JK.ROWLLING penulis buku HARRY POTTER ia selalu meluangkan waktu iseng-iseng berkhayal dan menuliskannya dalam kertas bekas dari kantornya dan akhirnya bertumpuk-tumpuk. Semoga tema yang akan anda angkat dapat menarik pembaca.

Saya sendiri pernah menulis novel banyak sekali tapi satu pun novel saya belum selesai. Saya belum bisa menyelesaikan novel karena saya tidak hanya gemar menulis novel saya gemar menulis puisi dan pantun, dan PR dari guru sedikit mengahalangi saya, serta hal besar yang membuat novel saya tidak cepat selesai karena saya terlalu banyak membuat tema cerita dan sering mengubah-ubah alur cerita. Usahakan anda tidak seperti saya hehehe.


Kebanyakan novel buatan saya adalah tentang mimpi saya untuk menjadi orang berhasil dan ada satu novel buatan saya tentang perang judulnya ANGEL VS DEVIL disitu saya sendiri menangis karena begitu haru jalan ceritanya. Buatlah alur cerita anda berliku-liku jangan habis berjuang berhasil dan menikah ah itu sudah biasa. Buatlah alur cerita seperti ada seorang anak dibunuh lalu ibunya mencari pembunuhnya teryata ibunya sendiri yang dituduh membunuh dan blablabla usahakan mendebarkan pada klimaksnya.

Di dalam novel saya nama tokohnya tidak pasaran di Indonesia karena saya membuat novel bertemakan kehidupan di luar Indonesia. Kalau anda membuat novel berajuk Indonesia usahakan membuat nama tokoh itu mudah diingat tetapi tidak pasaran dan jangan lupa untuk memberi nama panjang. Jangan seperti di Sinetron ya kalau namanya misalkan tuti saja gitu hehehe maaf kalau anda bernama sepeti itu.

Apabila ditengah-tengah anda jenuh karena insipirasi anda habis. Gunakan kesempatan ini untuk menonton DVD yang anda suka atau membaca novel kesukaaan anda serta bayangkan gambaran dari penulis yang disampaikan dalam cerita tersebut. apabila belum jugadapat insiprasi istirahatlah.

Judul novel dapat dibuat setelah anda menyelesaikan novel karangan anda. karena kalau anda membuat judul yang tidak nyambung dengan jalan cerita bisa berabeh. Usahakan memberi judul novel itu kata yang kiasan atau menarik tidak cepat dilupakan orang dan menyentuh isinya. contoh SURAT KECIL UNTUK TUHAN, TENDANGAN DARI LANGIT

Kalau saya belum begitu percaya diri untuk memposting hasil karya saya dalam internet karena saya takut bila novel saya bagus ada yang mengcopynya hahaha merasa banget bagus banget ya reader. Kalau anda sudah menyelesaikan novel teguhkan pilihan anda untuk memposting novel anda atau langsung pergi ke penerbit untuk mengomentari dan mudah-mudahan bagus lalu diterbitkan. Saran saya kalau anda pemula berikan saja kepada rekan atau teman anda yang hobi membaca novel lalu anda meminta komentarnya apabila bagus anda siap ke penerbit apabila belum ayo berusah lebih giat lagi. SEMOGA NOVEL ANDA BERHASIL :))))







0 Comments:

Post a Comment